6/17/2009

Menguasai 12 Tenses dalam 10 Menit.

Orang bilang belajar Tenses itu susah padahal kalau kita tahu kuncinya, semua pasti mudah dan BERRRRESSSS! Seperti ketika kita membuka pintu. Kalau kita membuka pintu dengan menggunakan kunci yang PASSS, maka pintu akan segera terbuka. Berikut ini tips bagaimana menguasai Tenses dengan cepat dan tepat.
  • Prinsip pertama adalah Anda harus selalu ingat bahwa "TENSES = SENTENCES"
  • Prinsip kedua adalah Anda harus tahu bahwa "setiap TENSES/SENTENCES harus punya SUBJECT, mungkin ada OBJECT atau ADVERB sebagai pelengkap"
  • Prinsip ketiga adalah Anda harus mengingat bentuk VERB (Kata Kerja) dari masing-masing tipe tenses.

Contoh kasus:

Saya ingin menguasai Present Simple Tense, maka apa yang harus saya lakukan? Pertama saya harus ingat bahwa tenses=sentences, sehingga saya harus tentukan subjectnya. Sebut saja "I". Kemudian saya tinggal tentukan verbnya (kata kerjanya). Karena simple present, maka harus diikuti verb 1. Sebut saja "speak". Sehingga saya bisa menghasilkan tenses/ sentences seperti berikut:

I speak.

Bagaimana? Mudah kan?

Bila masih ragu atau butuh pertolongan dalam menguasai teori penguasaan tenses saya, maka silakan hubungi saya. Gratiss dan bisa datang ke rumah saudara. OK. See you in the next article!

*sentences (kalimat)